11 Februari 2011

This is Tom Delonge

Thomas Matthew DeLonge, Jr. (lahir 13 Desember 1975); umur 35 tahun; lebih dikenal dengan nama Tom DeLonge) adalah seorang musisi yang berasal dari Amerika Serikat dan juga seorang gitaris/vokalis untuk grup musik Blink 182 selama tahun 1992-2005.
Tom memiliki orangtua bernama Tom Connie dan Thomas DeLonge SR. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Shon dan seorang adik perempuan bernama Kari. Ia belajar di Sekolah Tinggi Poway dan Tom memiliki reputasi sebagai pembuat masalah sekolah. suatu ketika seorang teman lama memberinya sebuah gitar untuk ulang tahunnya yang ke-15. Pada dasarnya Tom Delonge tidak mengerti harus melakukam apa dengan gitar pemberian temannya itu.
Ketika dia pergi kamp dengan teman-temannya, salah satu temannya memperkenalkan musik punkrock kepada Tom, dari situlah awal mula Tom delonge menyukai dan belajar gitar.
Tom Delonge bersama dua rekannya Mark Hoppus dan Scott Raynor mendirikan band bernama Blink 182 di San Diego, california pada tahun 1992. Band beraliran pop punk ini memiliki nuansa yang berbeda. Punk yang dikenal selalu membawakan lirik yang berisi tentang kondisi sosial, politik dan lain-lain, maka Blink 182 membawakan punk dengan lirik yang sedikit nakal dan aksi panggung yang kocak.
Tom delonge pada gitar/vokal, Mark Hoppus pada Bass/Vokal dan Scott Raynor pada drum mencoba peruntungan mereka di industri musik dengan berkiblat pada trio band legendaris yaitu Green Day. Baik jenis dan aksi panggung Blink 182 hampir sama dengan Green Day.
Pada perjalanan karier Blink 182, drumer Blink 182 yaitu Scott Raynor harus dikeluarkan personil lain akibat kecanduan alkohol dan harus direhabilitasi. bersama Scott Raynor mereka menghasilkan 4 album dari 1992 hingga 1997.
Tidak mau berlama-lama, akhirnya Tom Delonge dan Mark Hoppus merekrut drumer baru yaitu Travis Barker yang merupakan teman lama mereka. Masuknya Travis Barker membuat Blink 182 melambung naik. keindahan permainan gitar Tom Delonge, Petikan Bass Mark Hoppus serta hentakan Drum Travis Barker membuat penonton menjadi terpesona dengan aksi penggung yang disajikan.
Di tahun 1999, Blink 182 meluncurkan album berjudul Enema of the State. Lagu-lagu, seperti What’s My Age Again, All the Small Things, serta Adam’s Song. Enema of the State pun meledak 10 kali lipat dari album sebelumnya dan menembus angka 15 juta kopi.
All The Small Things pun menjadi lagu andalan pada saat itu, hal ini membuktikan bahwa punk tidak hanya tentang kekacauan tapi juga bisa bernuansa gembira dan lucu seperti yang dibawakan Blink 182
Album live berjudul The Mark, Tom, and Travis Show (The Enema Strikes Back!) muncul di tahun 2000, diikuti dengan album Take Off Your Pants and Jacket di tahun 2001.
Album Take Off Your Pants and Jaket pun juga meledak, lagu seperti Stay Together For The Kids menjadi hits pada saat itu. Pada penulisan lirik dan penciptaan musik, Tom Delonge mulai terlihat dewasa. Tom Delonge adalah personil yang paling banyak menciptakan lagu dan ujung tombak dari Blink 182. Kematangan Blink 182 terlihat ketika single Feeling This dan I Miss You yang fenomenal itu merebak di mana-mana melalui self-titled album, Blink 182 (2003).
Dalam perjalanan kariernya Tom Delonge terkadang membuat project band diluar Blink 182, Box Car Racer merupakan project Tom Delonge dan Travis Barker, yang Formasi asli dari band ini adalah: Tom DeLonge (vokal/bass), David Kennedy (gitar) dan Travis Barker (drum). Namun di saat tour dan di video klip, posisi bass di isi teman dari David Kennedy, yaitu Anthony Celestino dan pada akhirnya Tom DeLonge memegang posisi pada vokal dan gitar.
Band ini menghasilkan 1 album berjudul Box Car Racer, namun band ini hanya bertahan selama 1 tahun. Hingga sekarang Box Car Racer tidak prnah terdengar dan ada isu band tersebut telah bubar karena ditinggal Tom Delonge dan Travis Barker yang kembali ke Blink 182 untuk rekaman album “Self Titled”.
Tom Delonge telah memukau jutaan remaja dengan gitarnya. Gayanya bernyanyi sambil memainkan gitar sering ditiru oleh banyak kalangan gitaris. Bahkan rambutnya yang selalu berubah-ubah menjadi trend dan diikuti oleh para fansnya. Rambut belah pinggir yang menutupi sebelah mata ini menjadi andalan Tom pada album Take Off Your Pants and Jakcket.
Dalam DVD “Start The Machine” yang berisi tentang terbentuknya AVA atau Angels & Airwaves, ternyata Tom DeLonge hobi merekam berbagai macam suara, entah itu dari perkakas-perkakas, bunyi-bunyian alam, langkah kaki dan sebagainya untuk dimasukkan ke dalam musik. Hal ini tebukti dari lagu AVA yang berjudul The Adventure
AVA sendiri adalah band yang dibentuk oleh formasi 2005-2007, Atom Willard (drum, from The Offspring), David Kennedy (gitar), Tom DeLonge (vokal/gitar), Ryan Sinn (bass, from The Distillers).
Band bentukan Tom Delonge Angels & Airwaves ini banyak yang bilang merupakan kelanjutan dari Box Car Racer, meskipun dari musik lebih kaya akan efek-efek dan membawa materi yang lebih dewasa dibanding Box Car Racer.
Munculnya band Angels & Airwaves atau sering disebut AVA merupakan pukulan yang menyakitkan bagi Travis Barker dan Mark Hoppus. Hal ini berawal dari Tom Delonge yang merasa lelah dengan perhatian yang ada serta konser berkepanjangan, Tom berkeinginan untuk beristirahat dan lebih mendekatkan diri dengan keluarga yang sering ditinggal pergi untuk tur keliling dunia. Personil lain pun menyetujui meski tidak sependapat.
Hal tersebut memunculkan perpecahan ditubuh Blink 182. ketika Blink 182 pulang dari tur Eropa. Mereka diberi tahu telah terjadi bencana tsunami. Dari situ ada beberapa orang yang ingin mengadakan konser amal untuk korban tsunami tersebut. Mark Hoppus yang mendapat kabar itu pun berkeinginan untuk tampil di acara itu.
Tom Delonge menyetujuinya dan mulai berlatih kembali bersama Blink 182. Namun pada harinya, Mark dan Travis dipanggil manajer mereka dan secara tiba-tiba mengatakan bahwa Tom telah keluar dari Blink 182. Personil lain pun tidak bisa menghubungi Tom baik telepon maupun email. Ia bahkan mengganti nomor telepon karena tak ingin berhubungan lagi dengan Mark dan Travis.
Setelah tak saling bicara selama 4 tahun, mereka akhirnya kembali bertemu saat menjenguk Travis di rumah sakit yang tengah mengalami cedera parah akibat kecelakaan pesawat terbang. Reuni tersebut akhirnya menyatukan mereka kembali dan Grammy Awards ke-51 pada 8 Februari 2009 mereka jadikan momen sebagai kembalinya Blink 182 di dunia musik sejak terakhir main bersama di bulan Desember 2004.
Hingga akhirnya Blink 182 kembali dengan formasi, Tom Delonge pada gitar/vocal, Mark Hoppus pada bass/vocal dan Travis Barker pada Drum.

Tidak ada komentar: