16 Februari 2011

Liputan pertama

Liputan pertama sewaktu PKL
hehehe
tentang warga Rawa Kerbo yang melakukan aksi kubur diri terkait penggusuran tanah yang akan dilakukan oleh Pemda DKI.
meski tidak memiliki surat kepemilikan atas tanah yang mereka telah tinggali selama beberapa tahun lamanya, Warga melakukan aksi kubur diri sebagai aksi penolakan penggusuran tanah yang mereka tinggali.
Yap, ketika melakukan pelipitan ini, saya masih ingat saya bawa-bawa tripod kameramen yang lumayan berat kalau dibawa terus-terusan. Kang Herman Kasmadi selaku kameramen dan Veronika Kaban pada saat itu sangat memberikan saya pelajaran yang baik dalam bidang jurnalistik. Sesuai dengan jurusan saya.
Fakta yang saya lihat dilapangan cukup berbeda. ketika saya menonton tv saya sering melihat adanya LSM yang membela rakyat lemah dan tertindas. saya cukup kagum pada saat saya tidak mengetahui kenyataan yang sebenarnya. meski tidak semua seperti itu ya, karena yang saya lihat pada saat itu hanya LSM yang ada benteng-bentengnya gitu deh yang markasnya ada didaerah menteng.
Saya diberi tahu oleh reporter Mba Vika kalau LSM tersebut menunggangi (bukan, bukan maen kuda-kudaan) warga rawa Kerbo dengan kepentingan uang.
ternyata yang menyuruh mereka melakukan aksi kubur diri adalah orang-orang dari LSM tersebut. mereka membela warga rawa Kerbo untuk uang. ya, cukup menyedihkan bagi saya, tidak tahu kalau anda ya.
saya berpikir, siapakah yang akan membela rakyat lemah dan tertindas di Indonesia. dinegara Barat begitu banyak pahlawan hebat yang tidak mau dibayar dengan uang. mereka sangat berbakti dan membela rakyat lemah. sebut saja Batman dan Robin, Robin Hood, Superman, Spiderman dan lain-lain.
hebat bukan
semoga saja kita bisa lebih baik.
Namun terlepas dari itu semua, saya cukup senang karena saya bisa tahu hal sebenarnya ketika sedang bertugas dilapangan.
walau memang adanya hal itu, saya yakin ada orang-orang atau kelompok idealis yang jujur dan baik yang selalu menolong rakyat yang membutuhkan tanpa memikirkan dan meminta imbalan.
semoga saja itu anda
salam super hero

Tidak ada komentar: