11 Februari 2011

Lubang Biopori dan Tanah

Bismilahirahmanirohim,.
Lubang biopori adalah lubang-lubang kecil yang terdapat didalam tanah, dimana lubang itu terbentuk oleh mahluk yang hidup didalam tanah seperti cacing dan akar tanaman yang menjalar didalam tanah. Tanah memiliki kemampuan menyerap air yang nantinya diubah menjadi mineral didalam tanah.
tanah sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap bakteri-bakteri yang ada di lingkungan kita, meski tanah memiliki jenis-jenis yang berbeda tapi memiliki kemampuan yang hebat masing-masingnya.
Misal tanah pasir memiliki kemampuan untuk menyerap bakteri yang terkandung dalam air liur anjing, dalam islam, air liur anjing hanya bisa suci dengan mencucinya dengan pasir setelah dibasuh air sebanyak 7 kali dan dilanjutkan dengan pasir. bukanya tidak bisa bersih dengan menggunakan detergen, dengan detergen bisa bersih namun tidak suci, oleh karena itu untuk mensucikannya harus menggunakan pasir. dalam penelitian pun membuktikan kebenarannya, dalam air liur anjing terdapat bakteri yang hanya bisa hilang apabila dicuci dengan pasir.
tanah sendiri memiliki peranan vital dalam kehidupan, dimana tanah menyokong kehidupan bagi mahluk yang hidup didarat dan sebagai penopang akar bagi tumbuhan serta menyimpan banyak hara dan air untuk kehidupan mahluk darat dan tumbuhan.
tanah memiliki daya serap terhadap air yang menggenang diatasnya, air itu akan diserap didalam tanah dan diubah menjadi mineral dan lainya menjadi air tanah. Didalam tanah, ternyata memiliki filter alami yang membuat air menjadi jernih.
oleh karenanya ketika hujan turun maka tanah yang baik dan berkualitas akan menyerap air dengan cepat sehingga tidak menimbulkan masalah banjir. Akan tetapi di jaman sekarang ini tanah mendapatkan pencemaran yang cukup significant.
Pencemaran tanah akibat masuknya zat kimia ke dalam tanah seperti zat pestisida, adanya pembuangan limbah industri langsung ke tanah, menyebabkan tanah mengalami pencemaran sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
Dengan begitu daya serap yang dimiliki oleh tanah akan mengalami penurunan serta penurunan kualitas tanah.
hal ini akan menyebabkan masalah karena banyak mahluk hidup yang terancam kehidupannya.
Padahal didalam tanah terdapat lubang biopori yang terbentuk oleh mahluk yang hidup serta akar yang merambat didalam tanah.Dengan adanya lubang biopori ini maka air akan cepat masuk ke dalam tanah. Namun apabila ada pencemaran maka intensitas air yang akan masuk kedalam tanah akan terhambat dan bisa menyebabkan banjir.
Belum lagi pembangunan gedung dan infrastruktur yang begitu hebat sekarang ini membuat tanah tertutup aspal, semen, keramik dan lain-lain. hal ini meningkatkan volume air yang tidak bisa masuk kedalam tanah.
Tanah yang begitu banyak juga belum tentu memiliki kemampuan untuk menyerap air karena tanah itu bisa saja tertutup oleh lumut, dengan begitu air akan terhalang untuk masuk.
Padahal tanah sangat dibutuhkan karena tanah itu sendiri sebagai penyokong kehidupan tumbuhan di Bumi ini. Tumbuhan membutuhkan air sebagai makanannya. dari tumbuhan munculah oksigen yang dibutuhkan manusia. dimana satu dengan lainnya saling membutuhkan.
Belum lagi hewan yang membutuhkan tanaman untuk makananya, lalu dari hewan menghasilkan kotoran yang nantinya diubah menjadi makanan yang berguna bagi tanaman.
oleh karena itu, tanah sangatlah penting. Rapatnya tanah dan tidak adanya lubang biopori membuat tanah tidak bisa menyerap air dengan baik.
Seperti halnya petani mencangkuli sawah sebelum menanam padi, hal itu dilakukan untuk menggemburkan tanaman dan menangkap oksigen diudara yang nantinay dismpan didalam tanah. Dengan begitu tanaman padi yang akan ditanam akan bisa tumbuh dengan baik dan subur.
Di era sekarang ini, kita melihat adanya perubahan keseimbangan tanah, dimana daya serap yang dimiliki tanah berkurang. Akan tetapi penelitian yang dilakukan oleh sejumlah orang membuahkan suatu hasil, yaitu sumur biopori.
Dimana sumur biopori ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kelestarian alam dengan membuat tanah memiliki lubang biopori. adanya lubang biopori buatan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas tanah dan menyokong kehidupan mahluk darat dan tumbuhan.
Sumur biopori ini merupakan salah satu solusi bagi permasalahan tanah yang kurang baik Dalam fungsinya menyerap air. Disisi lain, biaya yang digunakan untuk membuat sumur biopori ini juga relatif murah.
Sumur biopori ini juga bisa sebagai saluran air, dimana kita bisa lihat dikota besar seperti Jakarta, saluran air yang ada sangat sedikit apabila dibandingkan dengan bangunan yang berdiri. Oleh karenanya sumur biopori ini solusi untuk meminimalkan volume air yang ada ketika hujan turun sehingga banjir bisa diminimalisir.
meskipun sumur biopori ini bukanlah solusi tepat namun apabila kita bisa praktekan secara bersama, semoga bisa meminimalkan banjir yang melanda suatu daerah serta menciptakan kualitas tanah yang baik.
Karena dengan adanya sumur biopori buatan, diharapkan keseimbangan tanah dapat kembali menjalankan fungsinya.

Tidak ada komentar: