08 Juni 2011

Futsal dan sepak bola

 
Sepak bola merupakan olah raga yang diminati hampir semua anak muda di Indonesia, sepak bola juga dapat menyatukan bangsa ini, baik suporter maupun pemain sepak bola.
 
Namun, di era sekarang ini, Sepak bola dihadapkan dengan permasalahan baru. Sepak bola yang membutuhkan lapangan besar untuk bisa bermain, ternyata harus rela kehilangan lahan tersebut karena adanya pembangunan di berbagai sektor diluar bidang sepak bola. Hal ini membuat anak muda harus menahan diri untuk bisa bermain sepak bola dilapangan besar. Akhirnya pembinaan anak muda dalam sepak bola menjadi tersendat.

Alhasil, muncul lapangan futsal dimana-mana sebagai bentuk solusi dari permasalahan lahan. Akibatanya banyak anak muda yang beralih ke futsal, ini mengindikasikan tidak ada perhatian dan tindakan nyata dari pemerintah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang cukup untuk bermain sepak bola bagi anak muda sehingga dapat memengaruhi prestasi sepak bola di tanah air.

Meski ada perpindahan dari sepak bola ke futsal karena alasan lahan. Sebaiknya futsal dijadikan sebuah program untuk membina dan menciptakan bintang-bintang lapangan dimasa depan, bantuan moril dan materil dari pemerintah, juga diharapkan bisa mendukung program tersebut.

Tidak ada komentar: