08 November 2011

Lahirnya Internet

Dijaman sekarang ini, teknologi telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, salah satunya adalah lahirnya internet.

Internet telah menciptakan istilah global village, istilah yang menggambarkan bahwa informasi bisa didapatkan tanpa mengenal istilah jarak dan waktu. Yang mana peristiwa yang terjadi disuatu tempat bisa diketahui oleh orang-orang yang berada jauh dari tempat peristiwa itu terjadi.

Internet juga berfungsi sebagai tempat orang-orang bertemu didunia maya, entah menggunakan jejaring sosial facebook, twitter, dan semacamnya.

Tidak hanya itu, internet juga merupakan salah satu media yang cukup cepat dan mudah dalam mengakses informasi yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang merasa untung dengan adanya kemajuan teknologi ini.

Selain itu, internet juga bisa dijadikan masyarakat sebagai tempat berbagi, baik informasi, berita, peristiwa, jual-beli, dan semacamnya. Dengan begitu, pangsa pasar menjadi lebih luas dibandingkan sebelum ada internet.

Namun, dewasa kini, internet telah menjadi masalah yang cukup pelik. Karena penggunaan internet tidak selamanya baik. salah satunya adalah dalam hal memberikan informasi kepada pengguna internet. (Memberikan informasi menjadi fokus dalam tulisan ini).

Cukup banyak forum-forum yang berdiri di situs-situs sekarang ini, dan jumlahnya pun puluhan, atau ratusan, bahkan lebih. Forum tersebut sering dijadikan pengguna internet untuk berbagi informasi kepada penguna internet lainnya. Hal ini lumrah karena salah satu fungsinya adalah berbagi informasi.

Tetapi, yang menjadi masalah adalah ketika pengguna internet menyadur informasi yang tidak layak dan tidak baik di internet. Terlebih internet merupakan media yang dapat diakses oleh setiap orang. Ini penting disadari oleh para pengguna internet karena tidak semua pengguna intenet dapat mengkritisi dan bijak dalam melihat informasi-informasi yang tidak layak, yang diinformasikan kepada pengguna internet.

Informasi yang tidak baik bisa berupa, gambar-gambar kekerasan, gambar pembunuhan, gambar sadis, gambar-gambar porno, video mesum, video kekerasan, video sadis, video yang tidak layak dipublikasikan, video yang sarat akan RAS, dan semacamnya.

Tentu harus disadari, banyak hal tersebut yang beredar diinternet. Akibatnya, banyak dari kita merasa ngeri dan takut ketika melihat informasi tersebut. Lalu bayangkan bila ada pengguna internet yang masih dibawah umur melihat hal tersebut. Tentu ini menjadi catatan bagi kita agar bisa lebih kritis dan lebih baik lagi dalam memberikan informasi diinternet.

Memberikan informasi diinternet sebaiknya tidak memberikan informasi yang mentah dan tanggung karena akan berdampak kebingungan dan "loncat-loncat" dalam pemahaman sebuah informasi. Oleh karenanya jangan memberikan informasi bila informasi tersebut justru menimbulkan sebuah kebingungan dan kengerian.

Bila perlu, mari kita berbagi informasi yang mendidik dan dapat memajukan kakarkter saudara-saudara kita ke arah yang lebih baik lagi. Yaitu dengan memberikan informasi yang baik dan tidak mengundang provokasi, serta memberikan informasi yang lengkap dan indah, agar bangsa kita menjadi bangsa yang beradab dan terdidik.

Tidak ada komentar: